Apa Arti Lokasi Bagus dalam Properti?


Lokasi Bagus dalam Properti
     Beberapa pakar dan praktisi properti telah memberikan pendapat yang beragam tentang kriteria lokasi bagus. Faktor lokasi memegang peranan paling penting dalam bisnis properti. Kemudian timbul suatu pertanyaan, lokasi bagaimana yang menjadi syarat sukses? Tentunya lokasi bagus. Lokasi yang bagus itu bagaimana? Lokasi properti tidak hanya berdasarkan geografi, tetapi pada lokasi itu memenuhi syarat dalam kaitannya dengan penawaran dan permintaan. 
  • Lokasi bagus adalah lokasi yang mudah terlihat dari dalam kendaraan yang melintas. Semakin banyak kendaraan yang melintas di depan sebuah properti dan semakin mudah melihat tanda, misalnya ‘disewakan’ atau ‘dijual’ yang dipasang, kemungkinan untuk berhasil akan semakin besar. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk iklan yang paling efektif dan hemat biaya.
  • Lokasi bagus adalah lokasi yang memiliki kualitas luar biasa, yang tidak ditemukan di tempat lain, misalnya sebuah properti di tepi air (laut, sungai atau danau) yang tersisa di daerah yang sangat popular.
  • Lokasi bagus adalah lokasi yang banyak peminatnya. Oleh sebab itu, dalam membeli properti hendaknya berdasarkan kinerja operasional properti tersebut, bukan berdasarkan harga jual, dan jangan pernah mengesampingkan lingkungan dengan nilai A plus.
    Ketiga karakteristik lokasi bagus tersebut akan membentuk sebuah kebenaran bahwa lokasi bagus memiliki sedikit penawaran dan tinggi permintaan.

    Pendapat para pakar dan praktisi tersebut memang benar adanya. Tetapi lebih tepat untuk kategori properti tertentu pula. Misalnya lebih tepat untuk membangun ruko atau tempat usaha dan perkantoran. Bagaimana dengan rumah atau perumahan? Bukankah izin peruntukan bangunan dilingkungan dengan nilai A plus dikhususkan untuk membangun sarana pendidikan, perkantoran dan bisnis? Mengapa harus memaksakan diri untuk membangun kompleks perumahan di dalam kota yang ujung-ujungnya menambah kemacetan lalu lintas jalan? Apakah properti khususnya perumahan harus menumpuk semua dalam kota? Dan seandainya iya, apakah semua golongan masyarakat mampu membelinya, sementara harga tanahnya sangat tinggi? Tentu saja tidak. Hal bijaksana yang perlu dilakukan adalah membangun dan mengembangkan daerah baru, pemerintah dengan alokasi dana yang diterima dari sektor pajak dan pihak swasta bersama-sama membangun fasilitas pendukung (terutama akses jalan dan kesehatan) supaya pengembangan wilayah menjadi lebih maju, dengan biaya (cost) yang relative lebih rendah, sehingga dengan sendirinya tercipta lingkungan yang potensial pertumbuhannya lebih maju menuju ke arah lingkungan A plus.

Kesimpulan:
     Pada dasarnya semua lokasi itu bagus, sebab ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pertimbangan dalam pemilihan lokasi, termasuk harga tanah dan harga jual properti, segmen pasar yang ditargetkan dan arah perencanaan pembangunan wilayah yang direncanakan pemerintah kota/daerah untuk lokasi yang akan dipilih. Yang lebih baik lagi adalah peranan swasta/investor lokal untuk membangun prasarana, misalnya jalan, tempat ibadah, rumah sakit, tempat perbelanjaan, sekolah, dsb, agar dapat menciptakan nilai yang luar biasa nantinya untuk lokasi yang dipilih. Pada akhirnya golongan masyarakat menengah ke bawah juga dapat memiliki properti yang bagus dan potensial dengan harga terjangkau.

Author : Arsyad
Artikel :  Apa Arti Lokasi Bagus dalam Properti?
Comments
1 Comments

1 komentar:

Post a Comment

Recent Comment

Links

G+ Followers

Follower

Find Us on YouTube