Cara Membayar Angsuran DP Rumah

  

   Belajar dari Cara Menghitung Kemampuan KPR, kita dapat melihat sedikit persamaan cara dalam mengangsur DP (Uang Muka) rumah yang akan dibeli. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan jika berencana untuk mengangsur/mencicil DP rumah ;

1).Mengoptimalkan 40% dari Pendapatan Per Bulan.
2).Mencicil DP Kepada Pengembang Perumahan (Developer).

1).Mengoptimalkan 40% dari Pendapatan Per Bulan, maksudnya adalah menyisihkan 40% dari pendapatan bersih per bulan, misalnya : 40% x Rp.3.000.000,- = Rp.1.200.000,- (maksimal). Mengapa 40%? Supaya jika nanti KPR kita telah disetujui bank maka kita wajib menyisihkan pendapatan per bulan untuk membayar angsuran kredit KPR. Hal ini dapat kita lakukan setiap bulan secara rutin dan teratur dengan menyetorkan dalam rekening sendiri, terpisah dari rekening bank yang sudah ada sebelumnya (jika sudah pernah mempunyai rekening bank). Salah satu persyaratan KPR Bank adalah memiliki rekening koran/tabungan minimal 3 bulan terakhir. Keuntungan tambahannya adalah untuk memudahkan pihak bank menilai kemampuan kita membayar tagihan rutin nantinya. Satu lagi, bank lebih menyukai nasabah yang suka menyimpan uangnya di bank atau nasabah yang lebih familiar dengan bank.

2).Mencicil DP Kepada Pengembang Perumahan (Developer), maksudnya adalah memanfaatkan program cicilan DP rumah (jika ada) kepada pihak pengembang/developer perumahan. Jika tidak ada maka tidak ada salahnya kita coba menanyakannya, siapa tahu bisa diterima. Keuntungannya, kita tidak perlu menunggu lama membeli rumah, karena harga rumah biasanya sudah naik lebih dahulu sebelum DP terkumpul yang pada akhirnya rumah tak terbeli atau kita terpaksa lagi menunda untuk membeli rumah.

Image  http:/ruangartikel.com/category/keuangan/

Baca Juga :

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Recent Comment

Links

G+ Followers

Follower

Find Us on YouTube